Selasa, 22 November 2011

Tugas 2 Printer


Ø Dot Matrix

Sebuah dot matrix printer atau printer dampak matriks adalah jenis printer komputer dengan kepala cetak yang berjalan bolak-balik, atau dalam gerakan naik dan turun, pada halaman dan mencetak oleh dampak, mencolok sebuah pita tinta kain direndam terhadap kertas , sangat mirip dengan mekanisme cetak pada mesin tik . Namun, tidak seperti mesin tik atau printer daisy wheel , surat ditarik keluar dari dot matrix , dan dengan demikian, font bervariasi dan grafis sewenang-wenang dapat diproduksi. Karena mencetak melibatkan tekanan mekanik, printer ini dapat membuat salinan karbon dan salinan carbonless .
Setiap titik yang dihasilkan oleh batang logam kecil, juga disebut "kawat" atau "pin", yang didorong ke depan oleh kekuatan dari kecil elektromagnet atau solenoida , baik secara langsung atau melalui tuas kecil (pawls). Menghadapi pita dan kertas piring panduan kecil (sering terbuat dari permata buatan seperti safir atau rubi ) ditusuk dengan lubang untuk melayani sebagai panduan untuk pin. Bagian bergerak dari printer ini disebut kepala cetak, dan ketika menjalankan printer sebagai perangkat teks umum umumnya mencetak satu baris teks pada satu waktu. Kebanyakan dot matrix printer memiliki garis vertikal tunggal dot-pembuatan peralatan pada kepala cetak mereka, yang lain memiliki beberapa baris disisipkan dalam rangka meningkatkan kepadatan titik.
Mesin ini dapat sangat tahan lama. Ketika mereka melakukannya aus, umumnya karena tinta menyerang pelat panduan dari kepala cetak, menyebabkan grit untuk mematuhi itu; grit ini perlahan-lahan menyebabkan saluran di piring panduan untuk memakai dari lingkaran ke oval atau slot, memberikan bimbingan kurang dan kurang akurat untuk kabel pencetakan. Akhirnya, bahkan dengan tungsten blok dan titanium pawls, pencetakan menjadi terlalu jelas untuk membaca.
a.      Awal Printer Dot Matrix
Atas gambar: Inmac tinta pita cartridge dengan tinta hitam untuk printer Dot matriks
Gambar bawah: bertinta dan melipat pemerasan pita panjang di cartridge, memperbesar bagian di dalamnya, tarik pita dalam mekanisme dan pita.
Ini LA30 adalah karakter 30 / printer dot matrix kedua diperkenalkan pada 1970 oleh Digital Equipment Corporation dari Maynard , Massachusetts . Itu dicetak 80 kolom huruf besar hanya 5x7- dot matrix karakter di kertas berukuran unik. Printhead didorong oleh stepper motor dan kertas itu maju dengan agak-bisa diandalkan dan pasti berisik solenoida hard ratchet. LA30 itu tersedia dengan baik antarmuka paralel dan antarmuka serial, namun seri LA30 diperlukan penggunaan karakter mengisi selama operasi kereta-kembali.
Para LA30 diikuti pada 1974 oleh LA36, yang mencapai sukses komersial yang jauh lebih besar, menjadi untuk waktu standar dot matrix terminal komputer. Para LA36 menggunakan print head yang sama dengan LA30 tapi bisa mencetak pada lebar bentuk apapun sampai dengan 132 kolom dari campuran-kasus output pada standar bar hijau fanfold kertas . Kereta dipindahkan dengan yang jauh-lebih-mampu servo drive yang menggunakan dc bermotor dan encoder optik / tachometer . Makalah ini digerakkan oleh motor stepper. LA36 ini hanya tersedia dengan interface serial tapi tidak seperti LA30 sebelumnya, tidak ada karakter mengisi diminta. Hal ini dimungkinkan karena, sementara printer pernah dikomunikasikan pada lebih cepat dari 30 karakter per detik, mekanisme itu sebenarnya mampu mencetak di 60 karakter per detik. Selama periode carriage return, karakter adalah buffer untuk pencetakan berikutnya dengan kecepatan penuh selama masa catch-up. Dengungan dua nada yang diproduksi oleh 60 mencetak karakter-per-detik catch-up diikuti oleh 30 karakter-per-detik pencetakan biasa adalah ciri khas dari LA36.
Digital maka memperluas garis LA36 dasar ke berbagai macam printer dot matrix termasuk:
·         LA180 - 180 c / s line printer
·         LS120 - 120 c / s terminal
·         LA120 - 180 c / s terminal maju
·         LA34 - Biaya-reduced terminal
·         LA38 - Sebuah LA34 dengan lebih banyak fitur
·         LA12 - Terminal portabel
Pada tahun 1970, Centronics (kemudian dari Hudson , New Hampshire ) memperkenalkan printer dot matrix, yang Centronics 101. Pencarian untuk mekanisme printer yang handal dipimpin untuk mengembangkan hubungan dengan Brother Industries, Ltd dari Jepang , dan penjualan Centronics badged mekanisme printer Brother dilengkapi dengan print head dan Centronics Centronics elektronik. Tidak seperti Digital, Centronics berkonsentrasi pada low-end line printer pasar dengan unit khas mereka. Dalam proses ini, mereka merancang antarmuka listrik paralel yang menjadi standar pada kebanyakan printer sampai mulai diganti oleh Universal Serial Bus ( USB ) di akhir 1990-an.

b.      Dot matrix penggunaan

Pada 1970-an dan 1980-an, dot matrix printer dampak umumnya dianggap sebagai kombinasi terbaik dari biaya dan fleksibilitas, dan sampai tahun 1990-an mereka sejauh ini merupakan bentuk paling umum dari printer digunakan dengan pribadi dan komputer rumah .
Para Epson MX-80 adalah model terobosan yang memicu popularitas awal dampak printer di pasar komputer pribadi. MX-80 keterjangkauan dikombinasikan dengan baik kualitas output teks (untuk waktu). Printer dampak awal (termasuk MX) yang terkenal keras selama operasi, hasil dari mekanisme palu-seperti di kepala cetak. MX-80 bahkan terinspirasi nama sebuah batu kebisingan band. yang rendah MX-80 itu titik kepadatan (60dpi horisontal, vertikal 72dpi) hasil cetak yang dihasilkan dari kualitas khas "komputerisasi". Bila dibandingkan dengan kualitas mesin tik garing printer daisy-wheel, keterbacaan printer dot-matrix muncul sangat buruk. Dalam aplikasi kantor, kualitas output adalah masalah serius, karena keterbacaan teks dot-matriks yang cepat akan menurunkan dengan setiap fotokopi generasi.
Awalnya, perangkat lunak pihak ketiga (seperti Bradford program printer perangkat tambahan) menawarkan perbaikan cepat untuk masalah kualitas. Perangkat lunak ini digunakan berbagai teknik perangkat lunak untuk meningkatkan kualitas cetak; strategi umum yang doublestrike (mencetak garis masing-masing dua kali), dan double-density mode (memperlambat kepala cetak untuk memungkinkan penempatan dot padat dan lebih tepat). Seperti software add-on yang nyaman untuk digunakan, karena itu diperlukan pengguna untuk ingat untuk menjalankan program peningkatan sebelum setiap sesi printer (untuk mengaktifkan mode tambahan). Selain itu, tidak semua perangkat lunak tambahan yang kompatibel dengan semua program.
Perangkat lunak komputer pribadi awal difokuskan pada pengolahan teks, tetapi sebagai grafis menampilkan menjadi mana-mana di seluruh dunia komputer pribadi, pengguna ingin mencetak teks dan gambar. Ironisnya, sedangkan printer daisy wheel dan pena-plotter berjuang untuk mereproduksi gambar bitmap, dampak pertama printer dot-matrix (termasuk MX-80) tidak memiliki kemampuan untuk mencetak grafis. Namun kepala cetak dot-matriks adalah cocok untuk tugas ini, dan kemampuan, disebut sebagai "dot-addressable" cepat menjadi fitur standar pada semua dot-matrix printer yang ditujukan untuk pasar komputer pribadi dan rumah. Spanduk dan tanda-tanda yang dihasilkan dengan perangkat lunak yang digunakan kemampuan ini, seperti BRODERBUND 's Toko Cetak , menjadi mana-mana di kantor-kantor dan sekolah sepanjang tahun 1980.
Perbaikan hardware progresif untuk mendorong dampak printer kecepatan kereta, menambahkan lebih (jenis huruf) opsi font, peningkatan kepadatan titik (dari 60dpi sampai 240dpi), dan menambahkan pseudo-warna pencetakan. Kecepatan kereta lebih cepat berarti lebih cepat (dan kadang-kadang keras) pencetakan. Tipografi tambahan memungkinkan pengguna untuk memvariasikan tampilan teks hasil cetakan. Proporsional-spasi font printer memungkinkan untuk meniru lebar karakter non-seragam yang seter. Peningkatan kepadatan dot diizinkan untuk lebih rinci, hasil cetakan lebih gelap. Pin dampak dari printhead dibikin untuk ukuran minimum (untuk daya tahan struktural), dan kepadatan titik di atas 100dpi hanya disebabkan titik berdekatan dengan tumpang tindih. Sedangkan diameter pin ditempatkan batas bawah pada detail terkecil grafis direproduksi, produsen mampu menggunakan kepadatan titik lebih tinggi untuk efek yang besar dalam meningkatkan kualitas teks.
Beberapa dampak printer dot-matrix (seperti Epson seri FX) ditawarkan 'user-download font'. Hal ini memberikan pengguna fleksibilitas untuk mencetak dengan tipografi yang berbeda. Perangkat lunak PC mengupload fontset user-defined ke dalam memori printer, menggantikan built-in tipografi dengan pilihan pengguna. Setiap cetakan teks berikutnya akan menggunakan font yang didownload, sampai printer itu dimatikan atau soft-reset. Beberapa pihak ketiga program yang dikembangkan untuk memungkinkan manajemen lebih mudah dari kemampuan ini. Dengan program word processor yang didukung , pengguna bisa menanamkan hingga 2 NLQ tipografi kustom di samping printer built-in (ROM) tipografi. (Kenaikan kemudian dari WYSIWYG filosofi perangkat lunak diberikan font download usang.)
Pita tunggal-pemogokan dan Multi-pemogokan upaya untuk menangani masalah-masalah dalam kualitas tinta pita itu. Pita printer standar yang digunakan prinsip yang sama seperti pita mesin tik. Printer akan di gelap dengan pita cartridge yang baru dipasang, namun secara bertahap akan tumbuh redup dengan masing-masing cetakan berurutan. Variasi dalam kegelapan sepanjang hidup cartridge pita itu mendorong pengenalan formulasi pita alternatif. Single-pemogokan pita digunakan zat karbon seperti pita mesin tik dalam transfer. Seperti pita hanya digunakan untuk loop tunggal (dinilai dalam hal 'jumlah karakter'), kegelapan itu konsisten, kegelapan yang luar biasa. Multi-pemogokan pita memberikan peningkatan dalam hidup pita, dengan mengorbankan kualitas.
Ø  Kualitas tinggi tunggal-pemogokan pita memiliki dua efek samping:
·            Setidaknya 50% dan sampai dengan 99,9% dari permukaan pita yang diberikan akan terbuang per karakter, karena wilayah baru seluruh segar pita yang diperlukan untuk mencetak bahkan bentuk font yang terkecil. Muka Ribbon adalah tetap untuk selalu span membentuk karakter terbesar, sehingga deretan periode akan mengkonsumsi sebagai pita segar sebanyak itu deretan W, dengan rentang besar karbon yang tidak terpakai antara masing-masing titik.
·            Single-pemogokan pita menciptakan risiko spionase dan hilangnya privasi, karena gulungan pita yang digunakan dapat dibatalkan untuk mengungkapkan segala sesuatu yang telah dicetak. Pembuangan yang aman diperlukan oleh memotong-motong, peleburan, atau pembakaran cartridge pita yang digunakan untuk mencegah pemulihan informasi dari tong sampah.

c.       Pseudo-Warna

Beberapa produsen menerapkan warna dot-matriks dampak pencetakan melalui pita multi-warna. Warna dicapai melalui proses pencetakan multi-pass komposit. Selama setiap pass, print head menghantam bagian yang berbeda dari pita (satu warna utama.) Untuk pita 4-warna, setiap baris output dicetak diperlukan total 4 berlalu. Dalam beberapa printer warna, seperti Apple ImageWriter II , printer bergerak relatif pita untuk unit kepala cetak tetap. Pada model lain, kepala cetak miring terhadap pita stasioner.
Karena kualitas warna miskin mereka dan meningkatkan biaya operasi, warna model dampak tidak pernah diganti rekan-rekan monokrom mereka. [ rujukan? ] Seperti pita warna digunakan dalam printer, bagian tinta hitam secara bertahap akan mencemari 3 warna lain, mengubah konsistensi cetakan atas kehidupan pita. Oleh karena itu, warna dot-matriks yang cocok untuk ilustrasi abstrak dan piecharts, tetapi tidak untuk foto-realistis reproduksi. Dot-matrix printer thermal-transfer yang ditawarkan kualitas warna yang lebih konsisten, tetapi film printer dikonsumsi, masih lebih mahal. Pencetakan warna di rumah hanya akan menjadi mana-mana jauh kemudian, dengan kecepatan printer.The ink-jet biasanya 30-550 cps

d.      Kualitas Surat Dekat (NLQ)

Kualitas teks adalah masalah berulang dengan dot-matrix printer. Dekat Surat Kualitas modus-informal ditentukan karena hampir cukup baik untuk digunakan dalam surat bisnis [4] -diberkahi dot-matrix printer dengan kualitas seperti mesin tik simulasi. Dengan menggunakan beberapa melewati gerbong, dan kepadatan titik lebih tinggi, printer dapat meningkatkan resolusi efektif. Misalnya, Epson FX-86 dapat mencapai titik grid-teoritis addressable 240 oleh 216 titik / inci menggunakan kepala cetak dengan kepadatan titik vertikal hanya 72 titik / inci, dengan membuat beberapa melewati kepala cetak untuk setiap baris . Untuk 240 sebesar 144 titik / inci, print head akan membuat satu berlalu, mencetak 240 dengan 72 titik / inci, maka printer akan memajukan kertas dengan setengah dari dot pitch vertikal (1 / 144 inci), maka print head akan membuat kedua lulus. Untuk 240 dengan 216 titik / inci, print head akan membuat tiga lewat dengan gerakan kertas yang lebih kecil (1 / 3 dot pitch vertikal, atau 1 / 216 inci) antara berlalu. Untuk memotong biaya perangkat keras, beberapa produsen hanya digunakan mogok ganda (dua kali lipat mencetak setiap baris) untuk meningkatkan keberanian teks dicetak, menghasilkan teks berani tapi masih bergerigi. Dalam semua kasus, modus yang terjadi NLQ hukuman kecepatan parah. Tidak mengherankan, semua printer dipertahankan mode satu atau lebih 'draft' untuk pencetakan berkecepatan tinggi.
NLQ menjadi fitur standar pada semua printer dot-matrix. Sementara NLQ diterima dengan baik di pasar PC IBM, pasar Apple Macintosh tidak menggunakan modus NLQ sama sekali, karena tidak bergantung pada font sendiri printer. Mac aplikasi pengolah kata yang digunakan font yang disimpan dalam komputer. Untuk non- PostScript (raster) printer, gambar raster akhir diproduksi oleh komputer dan dikirim ke printer, yang berarti dot-matrix printer pada platform Mac eksklusif digunakan raster ("grafis") mode cetak. Untuk dekat-surat-kualitas output, Mac hanya akan dua kali lipat resolusi yang digunakan oleh printer, untuk 144 dpi, dan menggunakan layar font yang dua kali ukuran titik yang diinginkan. Karena layar resolusi Mac (72 dpi) persis setengah dari ImageWriter maksimum 's, ini bekerja dengan sempurna, membuat teks tepat

e.       24-pin printer

Pada pertengahan 1980-an, produsen telah meningkatkan pincount dari printhead dampak dari 9 pin untuk 18, atau 24. (Pada 27 pin, Apple ImageWriter LQ memegang rekor untuk pasar konsumen). Pin-hitung meningkat diizinkan unggul kualitas cetak yang diperlukan untuk sukses di pasar Asia untuk mencetak terbaca karakter CJK . [5] Di pasar PC, hampir semua 9-pin printer dicetak di lapangan de facto standar vertikal 9 / 72 inci (per lewat printhead, yaitu 8 LPI ). 24-pin Epson LQ-seri naik menjadi standar baru de-facto, di 24/180 inci (lulus per - 7,5 LPI). Tidak hanya bisa printer 24-pin berbaring lebih padat dot-pola dalam single-pass, secara bersamaan dapat mencakup wilayah yang lebih luas.
Dibandingkan dengan yang lebih tua 9-pin model, 24-pin dampak printer baru tidak hanya menghasilkan lebih tampan teks NLQ, itu dicetak halaman lebih cepat (terutama karena kemampuan 24-pin untuk mencetak NLQ dengan single pass). 24-pin printer mengulangi prestasi ini dalam mode grafis bitmap, menghasilkan grafis berkualitas tinggi dalam waktu berkurang. Sementara teks-kualitas pin 24-masih terlihat inferior sejati surat-kualitas printer daisy wheel atau laser-printer, printer 24-pin yang khas melebihi dampak yang paling daisy-wheel model.
Seperti biaya produksi menurun, 24-pin printer secara bertahap diganti 9-pin printer. 24-pin printer dot-mencapai 360x360 dpi kepadatan, tokoh pemasaran ditujukan untuk pembeli potensial dari bersaing ink jet dan printer laser-. 24-pin NLQ font umumnya digunakan titik-kepadatan 360x180, yang diijinkan tertinggi dengan single-pass pencetakan. Multipass NLQ ditinggalkan, sebagai produsen yang paling merasakan peningkatan kualitas marjinal tidak membenarkan tradeoff dalam kecepatan. Kebanyakan 24-pin printer yang ditawarkan 2 atau lebih tipografi NLQ, tetapi munculnya WYSIWYG perangkat lunak dan GUI lingkungan seperti Microsoft Windows mengakhiri kegunaan NLQ.

f.       Penggunaan printer dot matrix hari

Dampak printer desktop yang secara bertahap digantikan oleh inkjet printer. Ketika Hewlett-Packard 's paten berakhir pada uap-propelled photolithographically diproduksi ink-jet kepala, mekanisme inkjet menjadi tersedia untuk industri printer. Untuk aplikasi yang tidak memerlukan dampak (misalnya, karbon-copy cetak), inkjet lebih unggul di hampir semua hal: operasi relatif tenang, kecepatan cetak lebih cepat, dan kualitas output hampir sebagai baik sebagai printer laser. Pada pertengahan 1990-an, teknologi inkjet telah melampaui dot-matriks di pasar mainstream.
Pada tahun 2005, dot teknologi dampak matriks tetap yang digunakan dalam perangkat seperti cash register , ATM , dan banyak lainnya point-of-penjualan terminal. pencetakan Thermal secara bertahap menggantikan mereka dalam aplikasi ini. Ukuran penuh dot-matrix printer dampak masih digunakan untuk mencetak multi-bagian alat tulis , misalnya di teller bank dan toko-toko otomatis perbaikan, dan aplikasi lain di mana penggunaan traktor kertas pakan yang diinginkan seperti data logging dan penerbangan . Beberapa bahkan dilengkapi dengan antarmuka USB sebagai standar untuk membantu koneksi ke modern bebas warisan komputer. Dot matrix printer juga lebih toleran terhadap kondisi operasi panas dan kotor ditemukan dalam pengaturan industri. Kesederhanaan dan daya tahan dari desain memungkinkan pengguna yang tidak " melek komputer "untuk dengan mudah melakukan tugas-tugas rutin seperti mengubah dan memperbaiki pita kemacetan kertas. Beberapa perusahaan, seperti Printek, DASCOM, WEP Peripherals, Epson, Okidata, Olivetti, Lexmark, dan TallyGenicom masih menghasilkan printer serial dan baris. Hari ini, printer dot matriks baru sebenarnya biaya lebih dari printer inkjet yang paling dan beberapa printer entry level laser. Namun, tidak banyak yang harus dibaca ke dalam perbedaan harga sebagai biaya pencetakan untuk printer inkjet dan laser banyak lebih tinggi daripada printer dot matrix, dan inkjet / laser printer produsen efektif menggunakan mereka monopoli atas cartridge printer sewenang-wenang harga untuk mensubsidi biaya awal printer itu sendiri. Dot matrix pita komoditas dan tidak dimonopoli oleh produsen printer sendiri.

g.      Keuntungan

Dot matrix printer, seperti dampak printer, dapat mencetak pada bagian multi- alat tulis atau membuat karbon-kopi. Dampak printer memiliki salah satu dari biaya cetak per halaman terendah. Seperti tinta habis, cetakan secara bertahap memudar tiba-tiba menghentikan daripada setengah jalan melalui sebuah pekerjaan. Mereka mampu menggunakan kertas kontinyu daripada membutuhkan lembaran individu, membuat mereka berguna untuk data logging. Mereka adalah baik, workhorses diandalkan ideal untuk digunakan dalam situasi di mana dicetak konten adalah lebih penting daripada kualitas. Pita tinta juga tidak mudah mengering, termasuk pita disimpan di casing serta porsi yang membentang di depan mencetak kepala; properti unik ini memungkinkan printer dot-matrix yang akan digunakan dalam lingkungan di mana tugas printer bisa jarang, misalnya, seperti dengan output Fire Alarm Control Panel.

h.       Kekurangan

Dampak printer membuat kebisingan ketika pin atau jenis huruf pemogokan pita ke kertas. [6] kandang peredam suara mungkin harus digunakan dalam lingkungan yang tenang. Mereka hanya dapat mencetak grafis resolusi rendah, dengan kinerja warna yang terbatas, kualitas yang terbatas, dan kecepatan yang lebih rendah dibandingkan non-dampak printer. Sementara mereka mendukung kertas fanfold dengan lubang traktor dengan baik, satu-lembar kertas mungkin harus luka dalam dan sejajar dengan tangan, yang relatif memakan waktu, atau pengumpan lembaran dapat digunakan yang dapat memiliki kehandalan kertas pakan yang lebih rendah. Saat mencetak label pada kertas rilis , mereka rentan terhadap kemacetan kertas ketika Snags kawat mencetak tepi terkemuka saat mencetak label di tepi sangat nya. Untuk hanya teks label (misalnya, label surat), sebuah daisy wheel printer atau printer band yang mungkin menawarkan kualitas cetak yang lebih baik dan kesempatan yang lebih kecil dari merusak kertas.
Ø Inkjet printer
Sebuah printer inkjet adalah jenis printer komputer yang menciptakan gambar digital dengan mendorong tetesan tinta ke kertas. Inkjet printer adalah jenis yang paling umum digunakan dari printer  dan berkisar dari kecil model konsumen murah untuk mesin profesional yang sangat besar yang dapat biaya hingga ribuan dolar.
Konsep pencetakan inkjet berasal dari abad ke-19, dan teknologi ini pertama kali dikembangkan secara ekstensif pada awal 1950-an. Dimulai pada tahun 1970-an printer inkjet yang bisa mereproduksi gambar digital yang dihasilkan oleh komputer dikembangkan, terutama oleh Epson , Hewlett-Packard (HP), dan Canon . Di pasar konsumen di seluruh dunia, empat produsen account untuk mayoritas penjualan printer inkjet: Canon, HP, Epson, dan Lexmark , tahun 1991 spin-off dari IBM .
Munculnya ink jet bahan deposisi pasar juga menggunakan teknologi inkjet, biasanya printhead menggunakan piezoelektrik kristal, untuk deposit bahan langsung pada substrat.

a.      Teknologi

 

Ada dua teknologi utama yang digunakan dalam printer inkjet kontemporer: kontinyu (CIJ) dan Drop-on-Demand (DOD). Drop-on-demand dibagi lagi menjadi DOD termal dan DOD piezoelektrik

Ø  Kontinyu inkjet (CIJ)

Metode inkjet terus menerus digunakan secara komersial untuk menandai dan pengkodean produk dan paket. Ide ini pertama kali dipatenkan pada tahun 1867 oleh Lord Kelvin , dan perangkat komersial pertama (perekam pita medis grafik) diperkenalkan pada tahun 1951 oleh Siemens .
Dalam teknologi inkjet terus menerus, pompa tekanan tinggi mengarahkan tinta cair dari reservoir melalui gunbody dan nosel mikroskopis, menciptakan aliran kontinu tetesan tinta melalui Plateau-Rayleigh ketidakstabilan . Sebuah kristal piezoelektrik menciptakan gelombang akustik seperti bergetar dalam gunbody dan menyebabkan aliran cairan masuk ke tetesan secara berkala - 64.000 untuk 165.000 tetesan per detik dapat dicapai. Tetesan tinta dikenakan medan elektrostatik diciptakan oleh elektroda pengisian sebagai mereka membentuk; lapangan bervariasi sesuai dengan tingkat penurunan defleksi yang diinginkan. Hal ini menghasilkan biaya, dikendalikan elektrostatik variabel pada setiap tetesan. Dibebankan tetesan dipisahkan oleh satu atau lebih bermuatan "tetesan penjaga" untuk meminimalkan tolakan elektrostatik antara tetesan tetangga.
Tetesan dibebankan melewati sebuah medan elektrostatik dan diarahkan (dibelokkan) oleh pelat defleksi elektrostatik untuk mencetak pada bahan reseptor (substrat), atau diizinkan untuk melanjutkan dibelokkan ke selokan koleksi untuk digunakan kembali. Tetesan lebih tinggi dibebankan dibelokkan ke tingkat yang lebih besar. Hanya sebagian kecil dari tetesan digunakan untuk mencetak, mayoritas didaur ulang.
Ink jet terus menerus adalah salah satu teknologi tertua tinta jet digunakan dan cukup matang. Keuntungan utama adalah kecepatan sangat tinggi (~ 50 m / s) dari tetesan tinta, yang memungkinkan untuk jarak yang relatif lama antara kepala cetak dan substrat, dan frekuensi sangat tinggi penurunan ejeksi, memungkinkan untuk mencetak kecepatan yang sangat tinggi. Keuntungan lainnya adalah kebebasan dari menyumbat nosel sebagai jet selalu digunakan, sehingga memungkinkan mudah menguap pelarut seperti keton dan alkohol untuk dipekerjakan, memberikan tinta kemampuan untuk "menggigit" ke dalam substrat dan cepat kering.
Sistem tinta membutuhkan regulasi pelarut aktif untuk melawan penguapan pelarut selama waktu penerbangan (waktu antara ejeksi nosel dan daur ulang selokan), dan dari proses ventilasi dimana udara yang ditarik ke selokan bersama dengan tetes yang tidak terpakai dibuang dari reservoir. Viskositas dipantau dan pelarut (atau campuran pelarut) ditambahkan untuk menetralkan kerugian pelarut.

Ø  (inkjet termal DOD) Termal

Printer inkjet konsumen yang paling, dari perusahaan termasuk Canon , Hewlett-Packard , dan Lexmark (tetapi tidak Epson ), gunakan kartrid cetak dengan serangkaian kamar kecil masing-masing berisi pemanas, yang semuanya dibangun oleh fotolitografi . Untuk mengeluarkan tetesan dari kamar masing-masing, sebuah pulsa arus dilewatkan melalui elemen pemanas menyebabkan penguapan yang cepat dari tinta dalam ruang untuk membentuk gelembung, yang menyebabkan kenaikan tekanan yang besar, mendorong tetesan tinta ke kertas (maka Canon Bubble Jet nama dagang dari). Tinta itu tegangan permukaan , serta kondensasi dan dengan demikian kontraksi gelembung uap, menarik biaya lebih lanjut dari tinta ke dalam ruang melalui saluran sempit dilampirkan ke reservoir tinta.
Tinta yang digunakan biasanya berbasis air (air) dan menggunakan salah satu pigmen atau pewarna sebagai pewarna. Tinta yang digunakan harus memiliki komponen mudah menguap untuk membentuk gelembung uap, ejeksi jika tetesan tidak dapat terjadi. Karena tidak ada bahan khusus yang diperlukan, print head umumnya lebih murah untuk menghasilkan daripada dalam teknologi inkjet lain. Prinsip inkjet termal ditemukan oleh insinyur Ichiro Canon Endo pada bulan Agustus 1977.
Thermal printer inkjet tidak sama dengan printer termal , yang menghasilkan gambar dengan memanaskan kertas termal, seperti yang terlihat pada mesin fax tua, cash register, ATM printer penerimaan, dan printer lotere tiket.

Ø   (inkjet piezoelektrik DOD) piezoelectric

Printer inkjet yang paling komersial dan industri dan konsumen printer beberapa (yang dihasilkan oleh Epson dan Brother Industries ) menggunakan bahan piezoelektrik dalam ruang penuh tinta di balik setiap nozel bukan elemen pemanas. Ketika tegangan diterapkan, perubahan bentuk bahan piezoelektrik, yang menghasilkan pulsa tekanan dalam cairan memaksa tetesan tinta dari nozzle. Piezoelektrik (juga disebut Piezo) inkjet memungkinkan lebih banyak jenis tinta inkjet termal dari tidak ada persyaratan untuk komponen mudah menguap, dan tidak ada masalah dengan kogation (penumpukan residu tinta), tetapi kepala cetak yang lebih mahal untuk memproduksi karena penggunaan bahan piezoelektrik (biasanya dipelajari, timbal zirkonium titanat ). Sebuah proses drop-on-demand menggunakan perangkat lunak yang mengarahkan kepala untuk menerapkan antara nol sampai delapan tetesan tinta per titik, hanya di mana diperlukan.
Piezo teknologi inkjet sering digunakan pada lini produksi untuk menandai produk - misalnya "menggunakan-sebelum" tanggal sering diterapkan untuk produk dengan teknik ini, dalam aplikasi ini kepala stasioner dan produk bergerak melewati. Persyaratan aplikasi ini adalah kecepatan tinggi, umur panjang, kesenjangan yang relatif besar antara kepala cetak dan substrat, dan biaya operasi yang rendah.
Sampai Juni 2009, cut-lembaran printer inkjet tercepat di pasar adalah ComColor Risø 9050, yang mencetak 146 USLetter dan 150 A4 penuh warna halaman per menit dalam mode pencetakan baik satu sisi dan dua sisi.
Perkembangan terbaru dari teknologi inkjet piezo memperluas teknik dari cetak ke dalam proses manufaktur. Terbaru dari teknologi ini adalah untuk deposit lapisan plastik sebagai bahan emboss digital dari atas karya cetak.
b.      formulasi Tinta
Masalah dasar dengan tinta inkjet adalah persyaratan yang saling bertentangan untuk zat pewarna yang akan tinggal di permukaan vs dispersement cepat dari cairan pembawa.
Printer inkjet desktop, seperti yang digunakan di kantor atau di rumah, cenderung menggunakan tinta berair didasarkan pada campuran air, glikol dan pewarna atau pigmen . Tinta ini tidak mahal untuk memproduksi, tetapi sulit untuk mengontrol pada permukaan media, sering membutuhkan media yang dilapisi khusus. Tinta HP mengandung tersulfonasi polyazo hitam pewarna (biasanya digunakan untuk sekarat kulit ), nitrat dan senyawa lainnya. Tinta berair terutama digunakan dalam printer inkjet dengan kepala termal, karena ini kepala membutuhkan air untuk melakukan.
Sementara tinta berair sering memberikan luas gamut warna dan warna yang paling jelas, paling tidak tahan air tanpa lapisan khusus atau laminasi setelah pencetakan. Kebanyakan Dye berbasis tinta, sementara biasanya yang paling mahal, dikenakan cepat memudar bila terkena cahaya. Pigmen tinta berbasis air biasanya lebih mahal tapi jauh lebih baik memberikan daya tahan jangka panjang dan ultraviolet perlawanan. Tinta dipasarkan sebagai " Kualitas Arsip "biasanya berbasis pigmen.
Beberapa printer format lebar profesional menggunakan tinta berair, tetapi mayoritas digunakan saat ini mempekerjakan profesional yang lebih luas tinta, sebagian besar yang membutuhkan kepala inkjet piezo dan pemeliharaan yang luas:
Ø  Pelarut tinta: bahan utama dari tinta ini adalah senyawa organik volatil (VOC) , senyawa kimia organik yang memiliki tinggi tekanan uap . Warna dicapai dengan pigmen bukan pewarna untuk sangat baik memudar-perlawanan. Keuntungan utama dari tinta pelarut adalah bahwa mereka relatif murah dan memungkinkan pencetakan pada fleksibel, dilapisi vinil substrat, yang digunakan untuk menghasilkan grafis kendaraan, billboard, spanduk dan decals perekat. Kekurangan termasuk uap yang dihasilkan oleh pelarut dan kebutuhan untuk membuang pelarut yang digunakan. Tidak seperti tinta berair yang paling, cetakan dibuat dengan menggunakan tinta berbasis pelarut umumnya tahan air dan ultraviolet -tahan (untuk penggunaan outdoor) tanpa khusus di atas-coating. Kecepatan cetak tinggi dari printer pelarut banyak tuntutan peralatan pengeringan khusus, biasanya kombinasi dari pemanas dan blower. Substrat biasanya dipanaskan segera sebelum dan setelah mencetak kepala berlaku tinta. Pelarut tinta dibagi menjadi dua sub-kategori:
o    Tinta pelarut keras menawarkan ketahanan terbesar tanpa coating khusus over-tetapi membutuhkan ventilasi khusus area cetak untuk menghindari paparan asap berbahaya.
o    Ringan atau "Eco" pelarut tinta, sementara masih tidak aman seperti tinta berair, dimaksudkan untuk digunakan dalam ruang tertutup tanpa ventilasi khusus dari daerah pencetakan. Pelarut tinta ringan telah dengan cepat mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir sebagai warna kualitas dan daya tahan telah meningkat sedangkan biaya tinta telah menurun secara signifikan. [8]
Ø  UV dapat disembuhkan tinta: tinta ini terutama terdiri dari akrilik monomer dengan paket inisiator. Setelah pencetakan, tinta yang disembuhkan oleh paparan UV-cahaya yang kuat. Keuntungan dari tinta UV dapat disembuhkan adalah bahwa mereka "kering" begitu mereka sudah sembuh, mereka dapat diterapkan untuk berbagai macam substrat dilapisi, dan mereka menghasilkan gambar yang sangat kuat. Kerugiannya adalah bahwa mereka mahal, memerlukan modul menyembuhkan mahal di printer, dan tinta disembuhkan memiliki volume yang signifikan dan memberikan sedikit lega di permukaan. Meskipun perbaikan sedang dilakukan dalam teknologi, tinta UV dapat disembuhkan, karena volume mereka, agak rentan terhadap retak jika diterapkan pada substrat yang fleksibel. Dengan demikian, mereka sering digunakan dalam jumlah besar "flatbed" printer, yang mencetak langsung ke substrat kaku seperti plastik, kayu atau aluminium di mana fleksibilitas adalah tidak perhatian.
Ø  Tinta UV Dapat Diobati Properti dan Fungsi:
photoinitiators: Menyerap energi UV dari sumber cahaya di print head. Reaksi kimia terjadi yang mengubah tinta cair menjadi sebuah film yang solid.
Monomer: Digunakan sebagai pelarut karena kemampuan mereka untuk mengurangi viskositas (kekentalan) dan menggabungkan dengan komponen tinta lainnya. Padatan persen 100% dan tidak melepaskan VOC (senyawa organik yang mudah menguap). Monomer juga menambahkan kekerasan Film ditingkatkan dan sifat resistensi.
oligomer: Menentukan sifat-sifat akhir dari film tinta disembuhkan, termasuk elastisitas, karakteristik kinerja outdoor dan ketahanan kimia.
pewarna: Dapat dye-based atau berbasis pigmen. Biasanya, berbasis pigmen karena luntur cahaya lebih besar dan daya tahan dibandingkan dengan pewarna pigmen. Pigmen yang digunakan dalam iklan outdoor dan aplikasi menampilkan memiliki persyaratan yang sama dengan yang digunakan dalam cat otomotif. Akibatnya, ada beberapa crossover digunakan. Sementara pigmen dipilih berdasarkan aplikasi yang diperlukan, ukuran kontrol dan pengurangan bersama dengan teknik dispersi merupakan komponen utama dari formulasi tinta.
Ø  Tinta UV Percetakan Proses:
1.      Tinta terkena radiasi UV mana reaksi kimia terjadi di mana foto-inisiator menyebabkan komponen tinta untuk cross-link ke padat.
2.      Biasanya lampu merkuri uap tertutup pada kedua sisi kepala cetak, dan menghasilkan sejumlah besar panas untuk menyelesaikan proses curing (lampu ini digunakan untuk tinta UV radikal bebas, yang adalah apa yang sebagian besar sistem inkjet menggunakan flatbed) .
3.      Tinta UV tidak menguap, melainkan menyembuhkan atau ditetapkan sebagai hasil dari reaksi kimia.
4.      Tidak ada bahan diuapkan atau dihapus, yang berarti sekitar 100% dari volume dikirim digunakan untuk memberikan warna.
5.      Reaksi ini terjadi sangat cepat, yang menyebabkan pengeringan instan yang menghasilkan grafis benar-benar sembuh dalam hitungan detik. Hal ini juga memungkinkan untuk proses cetak sangat cepat.
6.      Sebagai hasil dari reaksi kimia ini tidak instan pelarut menembus substrat setelah datang dari printer, yang memungkinkan untuk kualitas cetak tinggi.
Ø  Tinta dye sublimasi: tinta ini mengandung khusus pewarna sublimasi dan digunakan untuk mencetak secara langsung atau tidak langsung pada kain yang terdiri dari persentase yang tinggi dari poliester serat. Sebuah langkah pemanasan menyebabkan pewarna untuk menghaluskan ke dalam serat dan membuat gambar dengan warna yang kuat dan daya tahan yang baik.

c.    desain Kepala

Inkjet kepala:
Disposable kepala (kiri) dan
Tetap kepala (kanan) dengan tinta kartrid (tengah)
Ada dua filosofi desain utama dalam desain kepala inkjet: kepala tetap-kepala dan sekali pakai. Masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan sendiri.

Ø  Kepala Tetap

Filosofi kepala tetap menyediakan built-in kepala cetak (sering disebut sebagai kepala gaiter-) yang dirancang untuk bertahan selama kehidupan printer. Idenya adalah bahwa karena kepala tidak perlu diganti setiap kali tinta habis, biaya konsumsi dapat dibuat lebih rendah dan kepala sendiri dapat lebih tepat daripada satu pakai murah, biasanya memerlukan kalibrasi ada. Di sisi lain, jika kepala tetap rusak, mendapatkan kepala pengganti dapat menjadi mahal, jika menghapus dan mengganti kepala bahkan mungkin. Jika kepala printer tidak dapat dihapus, printer itu sendiri kemudian akan perlu diganti.
Desain kepala tetap tersedia dalam produk konsumen, tetapi lebih mungkin ditemukan pada industri high-end printer dan plotter format besar. Dalam ruang konsumen, tetap kepala printer yang diproduksi terutama oleh Epson dan Canon. Hewlett-Packard juga menawarkan fixed-kepala beberapa model, seperti HP Photosmart 3310. Industri tetap kepala kepala cetak yang diproduksi oleh perusahaan tersebut: Kodak Versamark, Trident, Xaar, Spektrum (Dimatix), Hitachi / Ricoh, HP Scitex, Bruder, Konica Minolta, Seiko Epson, dan ToshibaTec (pemegang lisensi Xaar)

Ø   kepala sekali pakai

Filosofi kepala sekali pakai menggunakan kepala cetak yang diberikan sebagai bagian dari diganti cartridge tinta . Setiap kali cartridge habis, seluruh cartridge dan kepala cetak diganti dengan yang baru. Hal ini menambah biaya bahan habis pakai dan membuat lebih sulit untuk memproduksi kepala presisi tinggi dengan biaya yang wajar, tetapi juga berarti bahwa kepala cetak rusak atau tersumbat hanya masalah kecil:. pengguna hanya dapat membeli cartridge baru Hewlett -Packard secara tradisional disukai print head pakai, seperti yang dilakukan Canon di model awal. Jenis konstruksi juga dapat dilihat sebagai upaya oleh produsen printer untuk membendung pengganti pihak ketiga kartrid tinta perakitan, karena ini akan menjadi pemasok-tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi kepala cetak khusus.
Sebuah metode intermediate tidak ada: tangki tinta pakai terhubung ke kepala sekali pakai, yang diganti jarang (mungkin setiap tangki tinta kesepuluh atau lebih). Sebagian besar volume tinggi Hewlett-Packard printer inkjet menggunakan setup ini, dengan mencetak kepala sekali pakai yang digunakan pada model volume yang lebih rendah. Pendekatan yang sama digunakan oleh Kodak, di mana printhead ditujukan untuk penggunaan permanen tetap murah dan dapat diganti oleh pengguna. Canon sekarang menggunakan (dalam model yang paling) kepala cetak diganti yang dirancang untuk bertahan hidup printer, tetapi dapat digantikan oleh pengguna jika mereka harus menjadi tersumbat. Untuk model Canon dengan teknologi "Think Tank", tangki tinta terpisah untuk setiap warna tinta.

d.         mekanisme Pembersihan

Penyebab utama dari masalah pencetakan inkjet adalah karena pengeringan tinta pada nozzle printhead, menyebabkan pigmen dan pewarna mengering dan membentuk blok yang solid massa keras yang dihubungkan lorong-lorong tinta mikroskopis. Kebanyakan printer upaya untuk mencegah pengeringan ini terjadi dengan menutup nosel printhead dengan topi karet jika printer tidak digunakan. Kerugian daya tiba-tiba, atau mencabut printer telah ditutup sebelum printhead, dapat menyebabkan printhead dibiarkan dalam keadaan membuka tutup. Bahkan ketika kepala ditutup, segel ini tidak sempurna, dan selama beberapa minggu kelembaban (atau lainnya pelarut) masih bisa merembes keluar, menyebabkan tinta kering dan mengeras. Setelah tinta mulai mengumpulkan dan mengeras, penurunan volume dapat dipengaruhi, lintasan turun bisa berubah, atau nozzle sepenuhnya dapat gagal untuk tinta jet.
Untuk memerangi pengeringan ini, hampir semua printer inkjet termasuk mekanisme untuk mengajukan permohonan kembali kelembaban printhead. Biasanya tidak ada pasokan tinta terpisah murni bebas pelarut yang tersedia untuk melakukan pekerjaan ini, dan begitu sebaliknya tinta itu sendiri digunakan untuk remoisten printhead. Printer mencoba untuk memecat semua nozel sekaligus, dan sebagai semprotan tinta, beberapa dari itu sumbu di printhead ke saluran kering dan melembutkan sebagian tinta mengeras. Setelah penyemprotan, pisau karet wiper adalah menyapu kepala cetak untuk menyebarkan uap air secara merata di seluruh printhead, dan jet lagi semua dipecat untuk mengusir gumpalan tinta apapun menghalangi saluran.
Beberapa printer menggunakan pompa pengisap udara tambahan, memanfaatkan stasiun karet capping untuk menghisap tinta melalui cartridge tersumbat parah. Mekanisme pompa hisap sering didorong oleh umpan halaman stepper motor - itu terhubung ke ujung poros. Pompa hanya terlibat ketika poros berubah mundur, maka saat membersihkan roller membalikkan kepala. Karena desain kepala built-in, pompa hisap juga dibutuhkan untuk saluran tinta utama di dalam printer baru, dan untuk reprime saluran antara perubahan tangki tinta.
Profesional pelarut dan tinta UV dapat disembuhkan format lebar printer inkjet umumnya termasuk sebuah "manual bersih" mode yang memungkinkan operator untuk secara manual membersihkan kepala cetak dan mekanisme capping dan mengganti bilah wiper dan bagian lainnya yang digunakan dalam proses pembersihan otomatis. Volume tinta yang digunakan pada printer ini sering mengarah ke "overspray" dan karena penumpukan tinta kering di banyak tempat bahwa proses otomatis tidak mampu membersihkan.
Tinta dikonsumsi dalam proses pembersihan harus dikumpulkan untuk mencegah tinta dari bocor dalam printer. Area koleksi disebut tempolong , dan printer Hewlett Packard ini adalah baki plastik yang terbuka di bawah pembersihan / mengelap stasiun. Pada printer Epson, biasanya ada pad penyerapan besar dalam panci bawah pelat pakan kertas. Untuk printer beberapa tahun tua, ini umum untuk tinta kering di spittoon untuk membentuk tumpukan yang dapat menumpuk dan menyentuh printhead, menyumbat printer. Beberapa printer profesional yang lebih besar menggunakan pelarut tinta dapat menggunakan wadah plastik diganti mengandung limbah tinta dan pelarut yang harus dikosongkan atau diganti bila penuh.
Labyrinth tabung ventilasi udara di atas sebuah Epson Stylus Photo 5-warna tangki tinta. Saluran udara yang panjang dibentuk menjadi bagian atas tangki dan segel label biru saluran ke tabung panjang. Label kuning dihapus sebelum instalasi, dan membuka tabung ujung ke atmosfer sehingga tinta yang dapat disemprotkan ke kertas. Melepaskan label biru akan merusak tabung dan menyebabkan kelembaban dengan cepat menguap.
Ada jenis kedua tinta printer pengeringan yang kebanyakan tidak dapat mencegah. Untuk tinta untuk menyemprot dari cartridge, udara harus masuk untuk menggantikan tinta dihapus. Udara masuk melalui tabung, labirin yang sangat panjang, tipis, hingga 10 cm, membungkus bolak-balik melintasi tangki tinta. Saluran panjang dan sempit untuk mengurangi penguapan uap air melalui tabung ventilasi, tapi beberapa masih terjadi penguapan dan akhirnya mengering kartrid tinta naik dari dalam ke luar. Untuk mengatasi masalah ini, yang terutama akut dengan profesional cepat pengeringan tinta pelarut, desain banyak printer format lebar cartridge berisi tinta dalam kantong, kedap udara dilipat yang membutuhkan ventilasi tidak ada. Tas hanya menyusut sampai cartridge kosong.
Pembersihan yang sering dilakukan oleh beberapa printer dapat mengkonsumsi cukup sedikit tinta dan memiliki dampak yang besar pada biaya-per-halaman penentuan.
Nosel tersumbat dapat dideteksi dengan mencetak pola uji standar pada halaman. Beberapa metode perangkat lunak solusi dikenal untuk re-routing informasi pencetakan dari nosel tersumbat untuk nozzle bekerja

e.       Keuntungan

Dibandingkan dengan sebelumnya berorientasi konsumen printer warna, printer inkjet memiliki sejumlah keunggulan. Mereka lebih tenang dalam operasi dibandingkan dampak dot matrix atau printer daisywheel . Mereka dapat mencetak lebih halus, rincian halus melalui resolusi printhead lebih tinggi, dan konsumen banyak printer inkjet dengan kualitas cetak foto-banyak tersedia.
Dibandingkan dengan teknologi yang lebih mahal seperti lilin panas , dye sublimasi , dan pencetakan laser , printer inkjet memiliki keuntungan praktis tidak ada waktu pemanasan, dan biaya lebih rendah per halaman. Namun, biaya rendah printer laser dapat memiliki rendah biaya per-halaman, setidaknya untuk hitam-putih cetak, dan mungkin untuk warna.
Untuk beberapa printer inkjet, tinta set monokrom yang tersedia baik dari produsen printer atau dari pihak ketiga pemasok. Ini memungkinkan printer inkjet untuk bersaing dengan perak berbasis kertas fotografi tradisional digunakan dalam hitam-putih fotografi, dan memberikan kisaran yang sama nada - netral, "hangat" atau "dingin". Ketika beralih antara set tinta penuh warna dan monokrom, maka perlu untuk menyiram keluar tinta lama dari kepala cetak dengan kartrid pembersih . Perangkat lunak khusus atau setidaknya dimodifikasi device driver biasanya diperlukan, untuk berurusan dengan berbagai pemetaan warna .

f.       Kekurangan

Printer inkjet mungkin memiliki sejumlah kelemahan:
1.   Tinta seringkali sangat mahal. (Untuk khas OEM kartrid harga $ 15, yang berisi 5 ml tinta, tinta efektif biaya $ 3000 per liter, atau $ 8000 per galon.) Menurut BBC (2003), "Biaya tinta telah menjadi subjek dari sebuah Kantor of Fair Trading penyelidikan. mana? majalah menuduh produsen dari kurangnya transparansi tentang harga tinta dan menyerukan sebuah standar industri untuk mengukur kinerja tinta kartrid ". [11]
2.   Banyak "cerdas" kartrid tinta mengandung microchip yang mengkomunikasikan tingkat tinta ke printer, hal ini dapat menyebabkan printer untuk menampilkan pesan kesalahan, atau salah menginformasikan pengguna bahwa kartrid tinta kosong. Dalam beberapa kasus, pesan-pesan ini dapat diabaikan, tetapi beberapa printer inkjet akan menolak untuk mencetak dengan cartridge yang menyatakan dirinya kosong, untuk mencegah konsumen dari mengisi ulang kartrid. Sebagai contoh, Epson embeds sebuah chip yang mencegah pencetakan ketika chip klaim cartridge kosong, walaupun seorang peneliti yang over-berkuda sistem menemukan bahwa dalam satu kasus ia bisa mencetak hingga 38% halaman berkualitas lebih baik, meskipun chip menyatakan bahwa cartridge kosong. [11]
3.   Masa cetak inkjet yang dihasilkan oleh printer inkjet menggunakan tinta cair terbatas, mereka akhirnya akan pudar dan keseimbangan warna dapat berubah. Di sisi lain, cetakan yang dihasilkan dari printer inkjet berbasis pelarut dapat berlangsung beberapa tahun sebelum memudar, bahkan di sinar matahari langsung, dan apa yang disebut "tinta arsip" telah diproduksi untuk digunakan dalam mesin berbasis air yang menawarkan kehidupan diperpanjang.
4.   Karena tinta yang digunakan dalam printer inkjet konsumen yang paling adalah air-larut, perawatan harus diambil dengan inkjet-cetak dokumen untuk menghindari bahkan setetes air terkecil, yang dapat menyebabkan parah "kabur" atau "berjalan." Demikian pula, berbasis air stabilo penanda dapat mengaburkan inkjet-cetak dokumen.
5.   Nozel inkjet sangat sempit rentan terhadap penyumbatan. Tinta dikonsumsi membersihkan mereka - baik selama pembersihan dipanggil oleh pengguna, atau dalam banyak kasus, dilakukan secara otomatis oleh printer pada jadwal rutin - dapat menjelaskan proporsi yang signifikan dari tinta yang digunakan dalam mesin.
Ø  Kerugian ini telah dibahas dalam berbagai cara:
1.      Pihak ketiga pemasok tinta menjual cartridge tinta pada diskon yang signifikan (setidaknya 10% -30% dari harga OEM kartrid, kadang-kadang sampai 80%), dan juga tinta massal dan self-kit isi ulang cartridge dengan harga lebih rendah.
2.      "Cerdas" Banyak vendor 'kartrid tinta telah reverse-engineered . Sekarang mungkin untuk membeli perangkat murah untuk andal ulang kartrid tersebut untuk melaporkan diri mereka sebagai penuh, sehingga mereka dapat diisi ulang berkali-kali.
3.      Cetak seumur hidup sangat tergantung pada kualitas dan formulasi tinta serta kertas yang dipilih. Printer inkjet awal, ditujukan untuk rumah dan aplikasi kantor kecil, digunakan tinta dye-based. Bahkan yang terbaik tinta dye-based yang tidak tahan lama sebagai tinta berbasis pigmen, yang sekarang tersedia untuk printer inkjet banyak.
4.      Banyak printer inkjet sekarang menggunakan tinta pigmen yang berbasis air larut.
5.      Nozel inkjet kadang-kadang dapat dibersihkan dan unclogged dengan merendam di air dangkal atau pelarut selama 1 menit.

Ø   pihak ketiga tinta dan kartrid

Biaya tinggi kartrid tinta OEM dan hambatan yang disengaja untuk mengisi mereka telah ditangani oleh pertumbuhan pemasok pihak ketiga tinta. Banyak produsen printer mencegah pelanggan dari menggunakan tinta pihak ketiga, menyatakan bahwa mereka dapat merusak mencetak kepala karena tidak menjadi formulasi yang sama dengan tinta OEM, menyebabkan kebocoran, dan menghasilkan output berkualitas rendah (misalnya gamut warna yang salah). Konsumen Laporan telah mencatat bahwa beberapa pihak ketiga tinta kartrid mungkin berisi kurang dari cartridge OEM, dan dengan demikian tidak menghasilkan penghematan biaya, [12] sementara Wilhelm Imaging Research [13] mengklaim bahwa dengan tinta pihak ketiga masa cetak mungkin jauh berkurang. Namun, April 2007 meninjau [14] menunjukkan bahwa, dalam sebuah double-blind tes, tinjauan umumnya lebih disukai output yang dihasilkan dengan menggunakan tinta pihak ketiga lebih dari tinta OEM. Secara umum, tinta OEM telah menjalani sistem pengujian kehandalan signifikan dengan kartrid dan mencetak bahan-kepala, sedangkan R & D upaya pihak ketiga kompatibilitas bahan tinta mungkin kurang signifikan. Beberapa produsen inkjet telah mencoba untuk mencegah cartridge diisi ulang menggunakan berbagai skema termasuk smart chip yang cocok untuk cartridge yang dapat mendeteksi ketika cartridge telah kehabisan tinta dan mencegah operasi kartrid yang diisi ulang.
Garansi pada printer mungkin tidak berlaku jika printer rusak oleh penggunaan non-disetujui persediaan. Di AS Magnuson-Moss Garansi Act adalah hukum federal yang menyatakan bahwa warrantors tidak dapat meminta bahwa bagian-bagian nama merek saja dan perlengkapan digunakan dengan produk mereka, karena beberapa produsen printer menyiratkan. Namun, ini tidak akan berlaku jika tidak disetujui item menyebabkan kerusakan.

Ø   biaya keseluruhan

Kebanyakan printer inkjet biaya kurang dari printer laser untuk membeli, tetapi biaya per halaman dicetak biasanya secara signifikan lebih tinggi. Jika jumlah cetakan yang dihasilkan selama kehidupan printer tidak terlalu kecil, total biaya kepemilikan -harga pembelian, bahan habis pakai, pemeliharaan, dan semua biaya lain-mungkin lebih tinggi untuk inkjet murah daripada printer laser.
Khusus untuk printer tidak sering digunakan, ada biaya tambahan karena pemborosan tinta dalam pembersihan diperlukan dengan menggunakan intermiten, dan kemungkinan penggantian cartridge yang tersumbat akibat kurangnya penggunaan meskipun tidak kosong.
Printer inkjet sering disukai, terutama untuk digunakan di rumah, karena harga beli yang rendah dan ukuran yang relatif kecil. Foto-kualitas terbaik printer inkjet dapat menghasilkan kualitas output yang lebih baik daripada printer laser warna. Laser printer biasanya lebih disukai di lingkungan kantor dengan volume pencetakan yang lebih tinggi.

g.      model bisnis yang mendasari

Microchip dari kartrid tinta Epson. Ini adalah kecil papan sirkuit tercetak ; deposit hitam epoksi mencakup chip itu sendiri.
Sebuah model bisnis yang umum untuk printer inkjet melibatkan menjual printer yang sebenarnya pada atau di bawah biaya produksi, sementara secara dramatis menandai up harga (proprietary) kartrid tinta (model laba yang disebut " Freebie pemasaran "). Semua printer inkjet saat ini upaya untuk menegakkan aturan ini mengikat produk menggunakan microchip pada cartridge untuk menghalangi penggunaan kartrid tinta pihak ketiga atau diisi ulang. Microchip memantau penggunaan dan melaporkan sisa tinta ke printer. Beberapa produsen juga menerapkan "tanggal kadaluwarsa". Ketika laporan chip bahwa cartridge kosong (atau out of date) printer berhenti mencetak. Bahkan jika cartridge diisi ulang, microchip akan menunjukkan pada printer yang cartridge habis. Untuk model banyak (terutama dari Canon), 'kosong' status dapat diganti dengan memasukkan 'kode layanan' (atau kadang-kadang hanya dengan menekan tombol 'start' lagi tombol). Untuk beberapa printer, khusus sirkuit "flashers" yang tersedia yang ulang jumlah tinta yang tersisa untuk maksimum. Beberapa produsen, terutama Epson dan Hewlett Packard , telah dituduh menunjukkan bahwa cartridge habis sementara sejumlah besar tersisa tinta. Sebuah studi 2007 menemukan bahwa sebagian besar printer limbah kuantitas signifikan tinta ketika mereka menyatakan kartrid kosong. Single-tinta cartridge ditemukan memiliki rata-rata 20% dari tinta yang tersisa, meskipun sebenarnya angka berkisar dari 9% sampai 64% dari kapasitas tinta total cartridge, tergantung pada merek dan model printer. Hal ini masalah adalah lebih diperparah dengan penggunaan one-piece multi tinta kartrid, yang dinyatakan kosong segera sebagai salah satu warna habis rendah. Jengkel besar untuk banyak pengguna adalah mereka printer yang akan menolak untuk mencetak dokumen hanya membutuhkan tinta hitam, hanya karena satu atau lebih kartrij tinta warna habis.
Dalam beberapa tahun terakhir, banyak konsumen telah mulai menantang praktek-praktek bisnis dari produsen printer, seperti pengisian sampai $ 8.000 per galon untuk tinta printer. Alternatif untuk konsumen merupakan salinan lebih murah dari cartridge, yang diproduksi oleh pihak ketiga, dan pengisian ulang cartridge, menggunakan kit isi ulang. Karena perbedaan besar dalam harga yang disebabkan oleh markup OEM, ada banyak perusahaan pihak ketiga menjual kartrid tinta. Sebagian besar produsen printer mencegah mengisi ulang kartrid sekali pakai atau menggunakan kartrid menyalin aftermarket, dan mengatakan bahwa penggunaan tinta yang salah dapat menyebabkan kualitas gambar yang buruk karena perbedaan viskositas, yang dapat mempengaruhi jumlah tinta yang dikeluarkan di drop, dan konsistensi warna, dan dapat merusak printhead. Meskipun demikian, penggunaan tinta kartrid alternatif dan telah mendapatkan popularitas, mengancam model bisnis produsen printer. Printer perusahaan seperti HP , Lexmark , dan Epson telah menggunakan paten dan DMCA untuk memulai tuntutan terhadap pihak ketiga vendor. Sebuah anti-trust gugatan class action diluncurkan di AS terhadap HP dan rantai persediaan kantor Staples Inc , menyatakan bahwa HP Staples membayar $ 100 juta untuk tetap murah pihak ketiga kartrid tinta dari rak-rak.
Dalam Lexmark Int'l ay Static Control Components , Kasus No 03-5400 (6 Cir 26 Oktober., 2004) (Sutton, J.) di Amerika Serikat Pengadilan Banding untuk Sirkuit Keenam memutuskan bahwa pengelakan dari teknik ini tidak melanggar Digital Millennium Copyright Act . Para Komisi Eropa juga memutuskan praktek anti persaingan ini: itu akan hilang dalam model-model baru yang dijual di Uni Eropa. Sementara kasus DMCA ditangani dengan perlindungan hak cipta, perusahaan juga bergantung pada perlindungan paten untuk mencegah menyalin dan mengisi ulang kartrid . Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan merencanakan semua cara di mana microchip mereka dapat dimanipulasi dan cartridge dapat diisi ulang dan paten metode ini, mereka dapat mencegah orang lain dari mengisi ulang kartrid mereka .Paten melindungi struktur kartrid mereka mencegah penjualan salinan lebih murah dari kartrid. Untuk beberapa model printer (terutama yang dari Canon) pabrik microchip sendiri dapat dilepas dan dipasang ke cartridge kompatibel dengan demikian menghindari kebutuhan untuk meniru microchip (dan penuntutan risiko). Produsen lain menanamkan microchip mereka jauh di dalam cartridge dalam upaya untuk mencegah pendekatan ini.
Pada tahun 2007 Eastman Kodak memasuki pasar inkjet dengan baris sendiri All-In-One printer yang didasarkan pada model pemasaran yang berbeda dari praktek yang berlaku menjual printer bingung sementara membuat keuntungan besar pada kartrid tinta pengganti. Kodak mengklaim bahwa konsumen bisa menghemat hingga 50 persen pada pencetakan dengan menggunakan kartrid biaya yang lebih rendah yang diisi dengan pewarna milik perusahaan berpigmen sambil menghindari potensi masalah yang berhubungan dengan off-merek tinta.

Ø  Laser Printer 
Sebuah printer laser adalah jenis umum dari printer komputer yang cepat menghasilkan teks berkualitas tinggi dan grafis pada kertas biasa . Seperti dengan digital mesin fotokopi dan printer multifungsi (MFP), printer laser mempekerjakan xerographic proses pencetakan, tetapi berbeda dari mesin fotokopi analog dalam gambar dihasilkan oleh pemindaian langsung dari laser yang sinar di printer fotoreseptor.



a.      Ikhtisar

Sebuah sinar laser proyek gambar halaman yang akan dicetak ke sebuah drum berputar bermuatan listrik dilapisi dengan selenium atau, lebih umum pada printer modern, photoconductors organik. fotokonduktivitas memungkinkan muatan bocor jauh dari daerah terkena cahaya. Tinta kering ( toner ) partikel tersebut kemudian elektrostatis dijemput oleh daerah drum yang dibebankan, yang belum terkena cahaya. Drum kemudian mencetak gambar ke kertas oleh kontak langsung dan panas, yang sekering tinta ke kertas.
Tidak seperti dampak printer , kecepatan printer laser dapat sangat bervariasi, dan tergantung pada banyak faktor, termasuk intensitas grafis dari pekerjaan yang sedang diproses. Model tercepat dapat mencetak lebih dari 200 halaman per menit monokrom (12.000 halaman per jam). Printer warna tercepat Laser dapat mencetak lebih dari 100 halaman per menit (6000 halaman per jam). Sangat kecepatan tinggi printer laser digunakan untuk surat massal dokumen pribadi, seperti kartu kredit atau tagihan utilitas, dan bersaing dengan litografi dalam beberapa aplikasi komersial.
Biaya teknologi ini tergantung pada kombinasi faktor, termasuk biaya kertas, toner, dan penggantian drum yang jarang terjadi, serta penggantian bahan habis pakai lainnya seperti perakitan fuser dan perakitan transfer. Seringkali printer dengan drum plastik lembut dapat memiliki biaya yang sangat tinggi kepemilikan yang tidak menjadi nyata sampai drum memerlukan penggantian.
Sebuah printer duplexing (salah satu yang mencetak pada kedua sisi kertas) dapat membagi dua biaya kertas dan mengurangi volume pengajuan. Sebelumnya hanya tersedia pada printer high-end, duplexers sekarang umum pada mid-range printer kantor, meskipun tidak semua printer dapat menampung unit dupleks. Duplexing juga dapat memberikan kecepatan mencetak halaman lebih lambat, karena jalur kertas lagi.
Dalam perbandingan dengan printer laser, yang paling printer inkjet dan dot-matrix printer hanya mengambil aliran data masuk dan langsung jejak dalam proses meluncur lambat yang mungkin termasuk sebagai printer jeda menunggu lebih banyak data. Sebuah printer laser tidak dapat bekerja dengan cara ini karena seperti sejumlah besar data kebutuhan untuk output ke perangkat cetak dalam proses, cepat terus menerus. Printer tidak dapat menghentikan mekanisme tepatnya cukup untuk menunggu sampai data yang lebih tiba, tanpa menciptakan kesenjangan terlihat atau misalignment dari titik-titik pada halaman tercetak.
b.      Sejarah
Gary Starkweather pada tahun 2009.
Printer laser ditemukan di Xerox pada tahun 1969 oleh peneliti Gary Starkweather , yang memiliki printer bekerja dengan baik 1971 dan dimasukkan ke dalam sistem jaringan yang berfungsi penuh printer dengan sekitar satu tahun kemudian. Prototipe dibangun oleh memodifikasi ada xerographic copier . Starkweather menonaktifkan sistem pencitraan dan menciptakan sebuah drum berputar dengan 8 sisi cermin, dengan laser terfokus pada drum. Cahaya dari laser akan memantul dari drum berputar, menyapu halaman karena perjalanan melalui mesin fotokopi. Hardware selesai hanya dalam satu atau dua minggu, tetapi antarmuka komputer dan perangkat lunak membutuhkan waktu hampir 3 bulan untuk menyelesaikan.
Pelaksanaan komersial pertama printer laser adalah IBM Model 3800 pada tahun 1975, digunakan untuk volume tinggi pencetakan dokumen seperti faktur dan label surat. Hal ini sering disebut sebagai "mengambil seluruh ruangan," menyiratkan bahwa itu adalah versi primitif dari perangkat kemudian akrab digunakan dengan komputer pribadi . Sementara besar, ia dirancang untuk tujuan yang sama sekali berbeda. Banyak 3800s masih digunakan.
Printer laser pertama kali dirancang untuk digunakan dalam suasana kantor dirilis dengan Bintang Xerox 8010 pada tahun 1981. Meskipun inovatif, Star adalah sistem ($ 17.000) mahal yang dibeli oleh sejumlah relatif kecil dari bisnis dan institusi. Setelah komputer pribadi menjadi lebih luas, printer laser pertama ditujukan untuk pasar massal adalah HP LaserJet 8ppm, dirilis pada tahun 1984, menggunakan Canon mesin dikendalikan oleh perangkat lunak HP. Printer HP LaserJet segera diikuti oleh laser printer dari Brother Industries , IBM , Apple dan lain-lain. Generasi pertama telah drum fotosensitif mesin besar, lingkar lebih besar dari panjang kertas. Setelah cepat-pemulihan coating dikembangkan, drum bisa menyentuh kertas beberapa kali dalam lulus, dan karenanya bisa lebih kecil dengan diameter.
Laser printer membawa cepat, kualitas pencetakan teks tinggi dengan beberapa font pada halaman ke bisnis dan pasar konsumen. Tidak ada printer yang umum tersedia lainnya bisa menawarkan kombinasi fitur.

c.       cara kerjanya

Ada tujuh langkah biasanya terlibat dalam proses pencetakan laser:

1.      pengolahan citra raster

Setiap strip horizontal dari titik di seluruh halaman dikenal sebagai raster garis atau garis scan . Membuat gambar yang akan dicetak dilakukan oleh Raster Image Processor (RIP), biasanya dibangun ke printer laser. Sumber bahan dapat dikodekan dalam sejumlah bahasa deskripsi halaman khusus seperti Adobe PostScript (PS, BR-Script ), HP Printer Bahasa Komando (PCL), atau Microsoft XML Halaman Specification (XPS), serta teks saja belum diformat Data. RIP menggunakan bahasa deskripsi halaman untuk menghasilkan suatu bitmap dari halaman akhir dalam memori raster.
Untuk output grafis sepenuhnya menggunakan bahasa deskripsi halaman, minimal 1 megabyte memori yang dibutuhkan untuk menyimpan seluruh monokrom letter/A4 halaman berukuran titik pada 300 dpi. Pada 300 dpi, ada 90.000 titik per inci persegi (300 titik per inci linear). Sebuah khas 8,5 × 11 lembar kertas memiliki margin 0,25 inci (6,4 mm), mengurangi area cetak menjadi 8,0 × 10,5 inci (270 mm), atau 84 inci persegi. 84 sq / di × 90.000 titik per sq / di = 7.560.000 titik. Sementara itu 1 megabyte = 1.048.576 byte, atau 8.388.608 bit, yang hanya cukup besar untuk menampung seluruh halaman pada 300 dpi, menyisakan sekitar 100 kilobyte untuk cadangan untuk digunakan oleh prosesor citra raster.
Dalam sebuah printer warna, masing-masing dari empat CYMK toner lapisan disimpan sebagai bitmap yang terpisah, dan semua empat lapisan biasanya preprocessed sebelum pencetakan dimulai, sehingga minimal 4 megabyte diperlukan untuk halaman penuh warna berukuran letter pada 300 dpi .
Persyaratan memori meningkat dengan persegi dpi, 600 dpi sehingga membutuhkan minimal 4 megabyte untuk monokrom, dan 16 megabyte untuk warna pada 600 dpi. Printer yang mampu tabloid dan ukuran yang lebih besar mungkin termasuk slot ekspansi memori.

2.       Pengisian

Menerapkan muatan negatif ke drum fotosensitif
Dalam printer tua, sebuah kawat korona diposisikan sejajar dengan drum, atau printer yang lebih baru, roller biaya utama, sebuah proyek elektrostatik muatan ke fotoreseptor tersebut (jika tidak bernama unit konduktor foto), drum fotosensitif bergulir atau sabuk, yang mampu memegang muatan elektrostatik pada permukaan ketika sedang dalam gelap.
Sebuah AC bias diterapkan pada roller biaya utama untuk menghilangkan biaya sisa yang ditinggalkan oleh gambar sebelumnya. Roller juga akan menerapkan DC bias pada permukaan drum untuk menjamin potensi negatif seragam.
Banyak paten menggambarkan drum fotosensitif coating sebagai silikon roti dengan lapisan photocharging, kebocoran lapisan biaya penghalang, serta lapisan permukaan. Satu versi menggunakan hidrogen silikon amorf yang mengandung sebagai lapisan cahaya menerima, Boron nitrida sebagai lapisan kebocoran muatan penghalang, serta lapisan permukaan doped silikon , terutama silikon dengan oksigen atau nitrogen yang pada konsentrasi yang cukup menyerupai mesin silikon nitrida

3.       Mengekspos

Laser menetralkan muatan negatif pada drum photoreceptive untuk membentuk sebuah gambar elektrostatik.
Laser ini bertujuan cermin berputar poligonal, yang mengarahkan sinar laser melalui sistem lensa dan cermin ke fotoreseptor tersebut. Silinder terus berputar selama menyapu dan menyapu sudut mengkompensasi gerakan ini. Aliran data raster diadakan di memori ternyata laser on dan off untuk membentuk titik-titik pada silinder. Laser digunakan karena mereka menghasilkan sinar sempit jarak jauh. Sinar laser menetralkan (atau membalikkan) muatan pada bagian hitam dari gambar, meninggalkan listrik statis citra negatif pada permukaan fotoreseptor untuk mengangkat toner partikel.
Beberapa non-laser printer mengekspos oleh array dioda memancarkan cahaya yang mencakup lebar halaman, bukan oleh laser ("mengekspos" juga dikenal sebagai "menulis" di beberapa dokumentasi).

4.      Mengembangkan

Permukaan dengan gambar laten terkena toner , partikel-partikel halus bubuk plastik kering dicampur dengan karbon hitam atau agen pewarna. Toner partikel bermuatan diberi muatan negatif, dan elektrostatis tertarik untuk gambar laten fotoreseptor, daerah tersentuh oleh laser. Karena biaya yang sama saling tolak, toner bermuatan negatif tidak akan sentuh drum di mana muatan negatif tetap.

5.       Mentransfer

Fotoreseptor ditekan atau berguling kertas, mentransfer gambar. Tinggi-end menggunakan mesin rol transfer bermuatan positif pada sisi belakang kertas untuk menarik toner dari fotoreseptor untuk kertas.

6.      Fusing

Melting toner ke kertas menggunakan panas dan tekanan.
Kertas melewati rol di majelis fuser mana panas (sampai dengan 200 Celcius) dan tekanan ikatan bubuk plastik untuk kertas.
Satu rol biasanya tabung hampa (rol panas) dan yang lainnya adalah dukungan karet rol (rol tekanan). Sebuah lampu bersinar panas ditunda di tengah tabung hampa, dan energi inframerah seragam memanaskan roller dari dalam. Untuk ikatan yang tepat dari toner, roller fuser harus seragam panas.
Beberapa printer menggunakan fuser roller logam yang sangat tipis yang fleksibel, sehingga ada sedikit massa yang akan dipanaskan dan fuser dapat lebih cepat mencapai suhu operasi. Jika kertas bergerak melalui fuser lebih lambat, ada rol waktu kontak lebih untuk toner mencair, dan fuser dapat beroperasi pada suhu yang lebih rendah. Lebih kecil, printer laser murah biasanya mencetak lambat, karena ini desain hemat energi, dibandingkan dengan besar printer kecepatan tinggi di mana kertas bergerak lebih cepat melalui fuser suhu tinggi dengan waktu kontak yang sangat singkat

7.       Pembersihan

Perbesaran output printer laser warna, menunjukkan partikel individu toner terdiri 4 titik dari suatu gambar dengan latar belakang kebiruan
Ketika mencetak selesai, sebuah pisau plastik bermuatan netral lembut membersihkan toner kelebihan dari fotoreseptor dan deposito ke dalam reservoir limbah, dan sebuah lampu debit menghapus biaya sisa dari fotoreseptor tersebut.
Toner kadang-kadang dapat dibiarkan pada fotoreseptor saat kejadian tak terduga seperti kertas macet terjadi. Toner adalah pada fotokonduktor siap menerapkan, tapi operasi itu gagal sebelum bisa diterapkan. Toner harus dihapus dan proses restart.
Seperti sebagian besar perangkat elektronik, biaya laser printer telah jatuh tajam selama bertahun-tahun. Pada tahun 1984, HP LaserJet dijual seharga $ 3500, punya masalah dengan bahkan kecil, grafis resolusi rendah, dan beratnya 71 £ (32 kg). Low end printer laser monokrom sering menjual untuk kurang dari $ 75 pada 2008. Printer ini cenderung kurang onboard dan pengolahan bergantung pada host komputer untuk menghasilkan gambar raster (lihat Winprinter ), tapi masih akan mengungguli Classic LaserJet di hampir semua situasi.
d.      Warna printer laser
Warna printer laser berwarna menggunakan toner (tinta kering), biasanya cyan , magenta , kuning , dan hitam ( CMYK ).
Sementara printer monokrom hanya menggunakan satu perakitan scanner laser, printer warna sering memiliki dua atau lebih majelis scanner.
Pencetakan warna menambah kompleksitas proses pencetakan karena ketidaksejajaran sangat sedikit dikenal sebagai kesalahan pendaftaran dapat terjadi antara pencetakan setiap warna, warna yang tidak diinginkan menyebabkan renda, kabur, atau cahaya / melesat gelap sepanjang tepi daerah berwarna. Untuk izin pendaftaran akurasi yang tinggi, beberapa printer laser warna menggunakan sabuk berputar besar disebut "transfer sabuk". Para sabuk transfer lewat di depan semua kartrid toner dan setiap lapisan toner secara tepat diterapkan pada sabuk. Lapisan gabungan tersebut kemudian diterapkan pada kertas dalam satu langkah yang seragam.
Warna printer biasanya memiliki biaya yang lebih tinggi biaya per halaman monokrom produksi dari printer.
e.       Resolusi dpi
·      1200 DPI printer yang umumnya tersedia selama 2008.
·      2400 DPI pembuat plat cetak elektrofotografi, printer laser dasarnya yang mencetak pada lembaran plastik, juga tersedia.

f.       Laser perawatan printer

Sebagian besar konsumen dan printer laser menggunakan usaha kecil toner cartridge yang mengkombinasikan photoreceptor (kadang-kadang disebut "foto konduktor unit" atau "pencitraan drum") dengan bin persediaan toner, limbah toner hopper, dan berbagai wiper blades. Ketika pasokan toner dikonsumsi, mengganti kartrid toner otomatis menggantikan drum pencitraan, limbah toner hopper, dan wiper blades.
Beberapa printer laser mempertahankan jumlah halaman dari jumlah halaman yang dicetak sejak perawatan terakhir. Pada model ini, sebuah pesan pengingat akan muncul menginformasikan pengguna itu hampir saatnya untuk menggantikan bagian perawatan standar. Pada model lain, tidak ada jumlah halaman disimpan atau pengingat tidak ditampilkan, sehingga pengguna harus melacak halaman yang dicetak secara manual atau menonton untuk tanda-tanda peringatan seperti masalah pakan kertas dan cacat cetak.
Beberapa printer laser warna, terutama beberapa model Lexmark menjalankan "kalibrasi" siklus bahkan ketika mencetak tidak terjadi selama berminggu-minggu. Ini secara luas dilaporkan untuk membuang sejumlah besar toner dari setiap reservoir, selain mengkonsumsi listrik. Hal ini memiliki dampak yang signifikan terhadap perekonomian cetak, terutama dalam volume rendah aplikasi. Pada beberapa model kalibrasi siklus ini dapat dinonaktifkan melalui pilihan menu, untuk orang lain printer harus dicabut untuk menghindari pemborosan ini. Printer yang memiliki masalah ini memiliki diganti "limbah toner bin", yang lain biaya operasi periodik.
Produsen biasanya menyediakan grafik harapan hidup untuk suku cadang printer umum dan bahan habis pakai. Produsen tingkat harapan hidup untuk bagian printer mereka dalam hal "kehidupan yang diharapkan halaman-produksi" daripada dalam satuan waktu.
Consumables dan bagian pemeliharaan untuk kelas bisnis printer umumnya akan dinilai untuk harapan halaman-produksi lebih tinggi dari suku cadang untuk printer pribadi. Secara khusus, kartrid toner dan fusers biasanya memiliki harapan halaman produksi yang lebih tinggi dalam bisnis printer kelas dari kelas printer pribadi. Printer laser warna dapat memerlukan perawatan lebih dan penggantian bagian-bagian dari printer laser monokrom karena mengandung komponen pencitraan lebih.
Untuk rol dan majelis terlibat dalam jalur penjemputan kertas dan jalur kertas pakan, pemeliharaan khas adalah untuk vakum toner dan debu dari mekanisme, dan mengganti, membersihkan, atau mengembalikan karet penanganan kertas rol. Pickup Kebanyakan, pakan, dan pemisahan rol memiliki lapisan karet yang akhirnya menderita aus dan menjadi ditutupi dengan debu kertas licin. Dalam kasus di mana rol pengganti yang dihentikan atau tidak tersedia, rol karet dapat dibersihkan dengan aman dengan kain basah bebas serat. Larutan kimia komersial juga tersedia yang dapat membantu mengembalikan sementara traksi karet.
Perakitan sekering (juga disebut "fuser") umumnya dianggap sebagai bagian habis diganti pada printer laser. Sekering perakitan bertanggung jawab untuk mencair dan ikatan toner ke kertas. Ada banyak kemungkinan cacat untuk majelis fusing: cacat termasuk hard gigi dipakai plastik, kegagalan elektronik komponen pemanasan, robek lengan fixing film, roller tekanan dipakai, penumpukan toner pada rol rol pemanas dan tekanan, tekanan rol dipakai atau tergores, dan sensor kertas rusak .
Beberapa produsen menawarkan kit pemeliharaan pencegahan spesifik untuk masing-masing model printer; kit seperti umumnya termasuk fuser dan juga mungkin termasuk rol penarik, rol pakan, roller transfer, roller biaya, dan bantalan pemisahan.
g.      steganografi anti-pemalsuan ("rahasia") menandai
Ilustrasi dari titik-titik kuning kecil di atas kertas putih, yang dihasilkan oleh printer laser warna. (Klik untuk melihat lebih tinggi resolusi gambar)
Printer warna laser yang menandai banyak modern cetakan oleh sebuah titik hampir tidak terlihat raster , untuk tujuan identifikasi.
Titik-titik berwarna kuning dan sekitar 0,1 mm dalam ukuran, dengan raster sekitar 1 mm. Hal ini konon hasil dari kesepakatan antara pemerintah AS dan produsen printer untuk membantu melacak pemalsu .
Titik-titik menyandikan data seperti tanggal pencetakan, waktu, dan nomor seri printer dalam kode-biner desimal pada setiap lembar kertas cetak, yang memungkinkan potongan kertas yang akan ditelusuri oleh produsen untuk mengidentifikasi tempat pembelian, dan kadang-kadang pembeli.
Kelompok advokasi hak digital seperti Electronic Frontier Foundation prihatin tentang ini erosi privasi dan anonimitas dari mereka yang mencetak.

h.      Transportasi udara larangan

Setelah 2010 Oktober petak kargo pesawat bom , di mana pengiriman printer laser dengan ledakan-penuh toner ditemukan pada pesawat kargo yang terpisah, AS dilarang pass-melalui penumpang dari membawa cartridge printer tertentu pada penerbangan. AS Keamanan Transportasi Administrasi mengatakan akan melarang kartrid toner dan tinta berat lebih dari 16 ons (453 gram) dari semua penerbangan penumpang. Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Janet Napolitano mengatakan larangan itu akan berlaku untuk kedua barang di tas dan tas diperiksa di dalam negeri dan internasional penerbangan in-bound ke AS PC Magazine berpendapat bahwa larangan tersebut tidak akan mempengaruhi rata-rata wisatawan, yang kartrid tinta umumnya lebih ringan, tapi akan mempengaruhi mengimpor pasokan printer laser, karena banyak laser toner cartridge beratnya jauh melebihi pon.




0 komentar:

Poskan Komentar